Sunday, May 03, 2009

jangan beli buku resep asal-asalan


gambar di copas dari sini

Udah dua mingguan terkahir di millis lagi heboh berita pencalonan JK-Win eh salah maksudku, berita beredarnya buku resep asal comot, buku2 resep yg isinya resep maupun foto yang diambil dari foodie blogger, tau artinya? itu loh blogger yg mengkhususkan isi blognya about masakan, makanan, pokoknya dunia dapur deh.


Di blog itu mereka gak cuma posting resep, tapi juga banyak di sertai gambar2 step by step pembuatannya, hasil jadinya, bahkan kadang ada juga bahan2nya. Jadi bagi pemula sekalipun bisa dengan mudah ngikutin resep dan cara masaknya, contohnya ini, ini atau ini (sorry contohnye dari satu owner, abis males mo browsing lagi)

Yang jadi masalah adalah, si penerbit buku itu dengan seenaknya menjual buku yg isinya resep dan foto2 dari mereka tanpa ada ijin terlebih dahulu, dan di salah satu postingan mba Vivi (korban) bahkan dengan enaknya mereka anggap hal itu adahal hal yg wajar, alesannya karena public domain, blog gratisan.

Waduh....

Yah aku sih masih awam banget urusan beginian, tapi aku ikut geram donk, aku bisa bayangin kalo seandainya kejadian ma aku, udah cape2 masak, berantakin dapur, trus kalo udah jadi kita hias secantik2nya, (ini bisa beberapa kali uji resep lho ya) trus jeprat-jepret ampe dapet gambar yg bagus, dan kalo saya pake acara muter2 dan nungging2 segala, hahahaha... , padahal dari sekian banyak jepretan paling cuma satu dua foto yg layak tampil, yg bakalan mejeng di blog kita.

Kebayang kan ribetnya?? trus udah cape-cape begitu hasil foto dan uji resep kita diterbitin tanpa ada kompensasi apapun, boro2 deh kompensasi, ijin aja nggak, tau-tau nongol deh bukunya di Indomart, Alfamat.

Mbok ya mereka, para team penulis, dan juga penerbitnya lebih mikir gitu loh, kalo mo bikin sesuatu mbok ya berusaha dululah. Intinya disaat kita lagi menggalakan stop pembajakan, lah ini koq malah ada yg kasarnya, dengan seenaknya mencari uang tanpa berkeringat.

Pokoknya mah walopun aku gak ikut jadi korban, dan ilmu fotografiku masih nol besar, ilmu masak2 ku baru sampe tumis menumis, tapi aku dukung gerakan ini,buat teman2 yg menjadi korban, tetaplah sabar dan berusaha di jalan yang benar, hukum harus ditegakkan. Insya Allah kita menjadi pemenangnya. Amin....

No comments: